8 Sistem Menyervis Bodi Mobil Honda Civic Turbo Yang Penyok

www.pzhl.tv – Setiap pengendara mobil tidak dapat lepas dari risiko perjalanan, seumpama mengalami insiden mobil penyok akibat benturan. Entah itu di anggota pintu, bodi mobil, bemper, dan lainnya. Namun, jangan khawatir, tersedia lebih dari satu cara memperbaiki mobil penyok. Berikut penjelasannya.

Cara melakukan perbaikan mobil penyok
Body dan bumper mobil adalah anggota yang rentan penyok dikarenakan tertabrak atau ditabrak. Berikut sebagian cara untuk memperbaikinya.

1. Gunakan hairdryer dan cairan karbondioksida

Cara melakukan perbaikan body mobil penyok yang pertama adalah memakai pengering rambut (hair dryer) dan cairan karbondioksida. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan pengering rambut dan cairan karbondioksida
  • Nyalakan hair dryer, kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang penyok
  • Lakukan terus sampai dirasa sudah panas. Tingkat kepanasan di tempat bodi mobil penyok berbeda, bergantung tingkat keparahan. Bagian bodi yang penyoknya besar umumnya perlu pas sampai 5 menit.
  • Semprotkan cairan karbondioksida di bagian yang sudah dipanaskan.
  • Tekan anggota bodi yang penyok supaya bisa lagi ke posisi semula.

2. Gunakan air panas

Cara melakukan perbaikan mobil penyok dan lecet yang ke-2 adalah manfaatkan air panas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan air panas di dalam teko atau ceret untuk memanaskan bodi mobil.
  • Siramkan air panas selanjutnya sedikit demi sedikit ke bodi mobil yang cekung.
  • Gunakan kain untuk menghimpit bagian mobil yang penyok hingga lagi ke wujud semula. Dorong bodi mobil yang penyok berasal dari di dalam ke luar sehabis menghangat.
  • Setelah bentuknya ulang normal, siram bersama air dingin. Hal itu untuk mengeraskan ulang body mobil.
    Jangan terlampau keras menghimpit bagian mobil yang penyok gara-gara dapat sebabkan bentuk mobil berubah.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sebagian kali sampai mendapatkan hasil maksimal.

3. Kombinasikan air panas dan penyedot wastafel

Air panas selanjutnya dan penyedot wastafel bisa dikombinasikan untuk memperbaiki mobil penyok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan peralatan berwujud air panas dan alat sedot wastafel.
  • Siram air panas tepat di atas permukaan bodi mobil yang penyok.
    Segera sedot bagian penyok manfaatkan penyedot wastafel atau dorong berasal dari didalam hingga permukaan ulang mulus.

4. Gunakan es batu

Es batu terhitung mampu dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan mobil yang penyok. Namun, ini hanya berlaku untuk mobil yang penyok sedikit atau tidak amat parah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan es batu, kemudian tempelkan di anggota bodi mobil yang penyok dan biarkan sepanjang kurang lebih 2 menit.
  • Tunggu sampai butiran-butiran berupa salju keluar dan menanggulangi bagian pintu/bodi mobil yang penyok.
  • Lepaskan es batu, sesudah itu mengfungsikan hair dryer sampai anggota bodi yang penyok menghilang.

5. Gunakan produk khusus bernama Pops A Dent

OtoFriends terhitung dapat pakai produk spesifik bernama Pops A Dent. Bentuk alat selanjutnya layaknya jembatan yang berfungsi mendistribusikan tekanan merata. Hal itu untuk menjauhi risiko rusaknya pada bodi mobil. Berikut langkah penggunaannya:

  • Pilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok pada mobil.
  • Panaskan glue stick tidak lebih berasal dari 5 menit.
    Biarkan lem jadi kering selama kurang lebih 5 menit. Pastikan lem terlalu lengket.
  • Jangan biarkan lem tertempel di bodi mobil lebih dari 8 menit. Ulangi prosesnya jikalau hasilnya belum sesuai harapan.
  • Hasil berasal dari pemanfaatan Pops A Dent tergantung terhadap ukuran dan wilayah rusaknya mobil. Alat ini cuma sanggup digunakan terhadap mobil yang miliki cat bodi mobil asli dari pabriknya. Kalau digunakan terhadap mobil yang warnanya sudah terkelupas, hal itu bisa mengakibatkan cat yang mengelupas semakin banyak.

6. Gunakan metode Paint-less Dent Removal (PDR)

Apabila cara-cara di atas belum berhasil, cobalah bawa mobil ke bengkel yang miliki metode Paint-less Dent Removal (PDR). Metode berikut mampu digunakan untuk memperbaiki penyok tanpa sistem pengecatan. Sehingga, cat mobil tetap di dalam situasi original.

Untuk penyok seukuran koin, proses pengerjaan manfaatkan metode PDR hanya 15 menit. Pengerjaan paling lama lebih kurang satu jam, agar mobil yang diperbaiki tidak perlu menginap.

7. Bawa ke daerah ketok magic

Selain memperbaiki mobil di bengkel resmi, OtoFriends dapat coba ke bengkel ketok magic. Sebab, pengerjaan di bengkel ketok magic dapat lebih cepat gara-gara antrian pengerjaan tidak panjang. Selain menawarkan harga yang terjangkau, ongkos perbaikan per panel berkisar pada Rp300 ribu sampai Rp550 ribuan. Hal itu bergantung pada tingkat kerusakannya. Harga ketok magic tersebut telah termasuk pengecatan pada bodi mobil yang rusak.

Kelebihan lainnya, pengerjaan di bengkel ketok magic terhitung lebih fleksibel. Sebab, pelanggan mampu minta mengganti parts yang baru ataupun bekas. Pengerjaan di bengkel ketok magic terhitung irit waktu. Sebab, pengerjaan dilakukan oleh banyak tukang didalam satu waktu. Sementara, pengerjaan di bengkel resmi lebih lama, bisa lebih berasal dari satu minggu.

8. Lakukan body repair di bengkel atau Service Center resmi

Apabila mobil masih dalam jaman garansi, OtoFriends mampu memilih bengkel resmi yang telah terjamin kualitasnya. Bengkel body repair formal kebanyakan memanfaatkan merek cat yang lebih berkwalitas layaknya Sikkens, Spies Hecker, dan Stansdoken. Sementara, bengkel non formal biasanya pakai cat duco (DuPont Corporation). Pengerjaan body repair biasanya memakan sementara lebih kurang 1-2 hari, tergantung tingkat kerusakan mobil.

Namun, jangan sangat terpaku pada harga murah untuk ongkos mobil penyok, ya. Hal itu dapat berdampak langsung pada body atau cat mobil yang tidak rapi. Pilihlah bengkel mobil yang terpercaya. OtoFriends dapat mencari bengkel terbaik melalui aplikasi Otoklox.