8 Ragam Mereparasi Bemper Mobil Daihatsu Sigra Yang Terpesuk

www.pzhl.tv – Setiap pengendara mobil tidak bisa lepas berasal dari risiko perjalanan, apabila mengalami insiden mobil penyok akibat benturan. Entah itu di anggota pintu, bodi mobil, bemper, dan lainnya. Namun, jangan khawatir, tersedia lebih dari satu langkah memperbaiki mobil penyok. Berikut penjelasannya.

Cara melakukan perbaikan mobil penyok
Body dan bumper mobil adalah anggota yang rentan penyok karena tertabrak atau ditabrak. Berikut sebagian langkah untuk memperbaikinya.

1. Gunakan hairdryer dan cairan karbondioksida

Cara memperbaiki body mobil penyok yang pertama adalah menggunakan pengering rambut (hair dryer) dan cairan karbondioksida. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan pengering rambut dan cairan karbondioksida
  • Nyalakan hair dryer, kemudian arahkan hawa panas ke bodi mobil yang penyok
  • Lakukan terus sampai dirasa telah panas. Tingkat kepanasan di daerah bodi mobil penyok berbeda, bergantung tingkat keparahan. Bagian bodi yang penyoknya besar biasanya butuh kala hingga 5 menit.
  • Semprotkan cairan karbondioksida di anggota yang sudah dipanaskan.
  • Tekan anggota bodi yang penyok supaya bisa ulang ke posisi semula.

2. Gunakan air panas

Cara memperbaiki mobil penyok dan lecet yang ke-2 adalah gunakan air panas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan air panas di didalam teko atau ceret untuk memanaskan bodi mobil.
  • Siramkan air panas selanjutnya sedikit demi sedikit ke bodi mobil yang cekung.
  • Gunakan kain untuk menekan bagian mobil yang penyok sampai ulang ke bentuk semula. Dorong bodi mobil yang penyok berasal dari dalam ke luar sehabis menghangat.
  • Setelah bentuknya lagi normal, siram bersama dengan air dingin. Hal itu untuk mengeraskan lagi body mobil.
    Jangan terlalu keras menghimpit anggota mobil yang penyok sebab mampu membuat wujud mobil berubah.
  • Ulangi beberapa langkah di atas beberapa kali sampai beroleh hasil maksimal.

3. Kombinasikan air panas dan penyedot wastafel

Air panas lantas dan penyedot wastafel dapat dikombinasikan untuk melakukan perbaikan mobil penyok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan peralatan berwujud air panas dan alat sedot wastafel.
  • Siram air panas pas di atas permukaan bodi mobil yang penyok.
    Segera sedot bagian penyok memanfaatkan penyedot wastafel atau dorong dari didalam sampai permukaan kembali mulus.

4. Gunakan es batu

Es batu terhitung mampu dimanfaatkan untuk memperbaiki mobil yang penyok. Namun, ini cuma berlaku untuk mobil yang penyok sedikit atau tidak benar-benar parah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan es batu, lantas tempelkan di anggota bodi mobil yang penyok dan biarkan sepanjang kurang lebih 2 menit.
  • Tunggu hingga butiran-butiran berbentuk salju nampak dan menangani bagian pintu/bodi mobil yang penyok.
  • Lepaskan es batu, kemudian mengfungsikan hair dryer hingga bagian bodi yang penyok menghilang.

5. Gunakan produk spesifik bernama Pops A Dent

OtoFriends termasuk sanggup memanfaatkan product khusus bernama Pops A Dent. Bentuk alat tersebut seperti jembatan yang bermanfaat mendistribusikan tekanan merata. Hal itu untuk menjauhkan risiko kerusakan pada bodi mobil. Berikut cara penggunaannya:

  • Pilih pad lem yang cocok bersama ukuran penyok terhadap mobil.
  • Panaskan glue stick tidak lebih dari 5 menit.
    Biarkan lem mengering sepanjang tidak cukup lebih 5 menit. Pastikan lem terlampau lengket.
  • Jangan biarkan lem tertempel di bodi mobil lebih berasal dari 8 menit. Ulangi prosesnya terkecuali hasilnya belum sesuai harapan.
  • Hasil dari pemanfaatan Pops A Dent bergantung pada ukuran dan lokasi rusaknya mobil. Alat ini cuma bisa digunakan pada mobil yang miliki cat bodi mobil asli dari pabriknya. Kalau digunakan pada mobil yang warnanya telah terkelupas, hal itu sanggup mengakibatkan cat yang terkelupas tambah banyak.

6. Gunakan metode Paint-less Dent Removal (PDR)

Apabila cara-cara di atas belum berhasil, cobalah bawa mobil ke bengkel yang punyai metode Paint-less Dent Removal (PDR). Metode tersebut sanggup digunakan untuk melakukan perbaikan penyok tanpa proses pengecatan. Sehingga, cat mobil masih didalam keadaan original.

Untuk penyok seukuran koin, proses pengerjaan memakai metode PDR hanya 15 menit. Pengerjaan paling lama sekitar satu jam, agar mobil yang diperbaiki tidak perlu menginap.

7. Bawa ke area ketok magic

Selain melakukan perbaikan mobil di bengkel resmi, OtoFriends sanggup mencoba ke bengkel ketok magic. Sebab, pengerjaan di bengkel ketok magic bisa lebih cepat dikarenakan antrian pengerjaan tidak panjang. Selain tawarkan harga yang terjangkau, cost perbaikan per panel berkisar pada Rp300 ribu hingga Rp550 ribuan. Hal itu terkait pada tingkat kerusakannya. Harga ketok magic selanjutnya telah juga pengecatan terhadap bodi mobil yang rusak.

Kelebihan lainnya, pengerjaan di bengkel ketok magic terhitung lebih fleksibel. Sebab, pelanggan mampu minta mengganti parts yang baru ataupun bekas. Pengerjaan di bengkel ketok magic termasuk hemat waktu. Sebab, pengerjaan dilaksanakan oleh banyak tukang didalam satu waktu. Sementara, pengerjaan di bengkel resmi lebih lama, bisa lebih dari satu minggu.

8. Lakukan body repair di bengkel atau Service Center resmi

Apabila mobil tetap dalam jaman garansi, OtoFriends dapat menentukan bengkel formal yang telah terjamin kualitasnya. Bengkel body repair resmi kebanyakan pakai merk cat yang lebih memiliki kualitas layaknya Sikkens, Spies Hecker, dan Stansdoken. Sementara, bengkel non resmi umumnya menggunakan cat duco (DuPont Corporation). Pengerjaan body repair kebanyakan memakan pas kurang lebih 1-2 hari, bergantung tingkat kerusakan mobil.

Namun, jangan sangat terpaku terhadap harga tidak mahal untuk biaya mobil penyok, ya. Hal itu dapat berdampak segera terhadap body atau cat mobil yang tidak rapi. Pilihlah bengkel mobil yang terpercaya. OtoFriends sanggup mencari bengkel paling baik lewat aplikasi Otoklox.