8 Siasat Mereparasi Bumper Mobil Mercedes Benz, Toyota Camry Yang Terpesuk

www.pzhl.tv – Setiap pengendara mobil tidak dapat terlepas dari risiko perjalanan, seandainya mengalami insiden mobil penyok akibat benturan. Entah itu di anggota pintu, bodi mobil, bemper, dan lainnya. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara melakukan perbaikan mobil penyok. Berikut penjelasannya.

Cara memperbaiki mobil penyok
Body dan bumper mobil adalah anggota yang rentan penyok gara-gara tertabrak atau ditabrak. Berikut beberapa cara untuk memperbaikinya.

1. Gunakan hairdryer dan cairan karbondioksida

Cara melakukan perbaikan body mobil penyok yang pertama adalah menggunakan pengering rambut (hair dryer) dan cairan karbondioksida. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan pengering rambut dan cairan karbondioksida
  • Nyalakan hair dryer, lantas arahkan udara panas ke bodi mobil yang penyok
  • Lakukan tetap sampai dirasa udah panas. Tingkat kepanasan di tempat bodi mobil penyok berbeda, tergantung tingkat keparahan. Bagian bodi yang penyoknya besar kebanyakan perlu sementara hingga 5 menit.
  • Semprotkan cairan karbondioksida di bagian yang sudah dipanaskan.
  • Tekan anggota bodi yang penyok supaya bisa kembali ke posisi semula.

2. Gunakan air panas

Cara melakukan perbaikan mobil penyok dan lecet yang ke-2 adalah memakai air panas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan air panas di di dalam teko atau ceret untuk memanaskan bodi mobil.
  • Siramkan air panas berikut sedikit demi sedikit ke bodi mobil yang cekung.
  • Gunakan kain untuk menghimpit anggota mobil yang penyok hingga ulang ke bentuk semula. Dorong bodi mobil yang penyok dari di dalam ke luar sesudah menghangat.
  • Setelah bentuknya kembali normal, siram bersama air dingin. Hal itu untuk mengeraskan lagi body mobil.
    Jangan benar-benar keras menekan bagian mobil yang penyok karena dapat memicu wujud mobil berubah.
  • Ulangi beberapa langkah di atas lebih dari satu kali hingga memperoleh hasil maksimal.

3. Kombinasikan air panas dan penyedot wastafel

Air panas lantas dan penyedot wastafel dapat dikombinasikan untuk melakukan perbaikan mobil penyok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan peralatan bersifat air panas dan alat sedot wastafel.
  • Siram air panas pas di atas permukaan bodi mobil yang penyok.
    Segera sedot bagian penyok menggunakan penyedot wastafel atau dorong dari dalam sampai permukaan lagi mulus.

4. Gunakan es batu

Es batu terhitung dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki mobil yang penyok. Namun, ini hanya berlaku untuk mobil yang penyok sedikit atau tidak benar-benar parah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan es batu, lantas tempelkan di bagian bodi mobil yang penyok dan biarkan sepanjang tidak cukup lebih 2 menit.
  • Tunggu hingga butiran-butiran berbentuk salju muncul dan menanggulangi bagian pintu/bodi mobil yang penyok.
  • Lepaskan es batu, lantas mengfungsikan hair dryer sampai anggota bodi yang penyok menghilang.

5. Gunakan product tertentu bernama Pops A Dent

OtoFriends termasuk dapat mengfungsikan produk khusus bernama Pops A Dent. Bentuk alat tersebut layaknya jembatan yang bermanfaat mendistribusikan tekanan merata. Hal itu untuk menjauhkan risiko rusaknya pada bodi mobil. Berikut cara penggunaannya:

  • Pilih pad lem yang cocok bersama dengan ukuran penyok terhadap mobil.
  • Panaskan glue stick tidak lebih berasal dari 5 menit.
    Biarkan lem mengering selama kurang lebih 5 menit. Pastikan lem terlalu lengket.
  • Jangan biarkan lem tertempel di bodi mobil lebih berasal dari 8 menit. Ulangi prosesnya jika hasilnya belum sesuai harapan.
  • Hasil dari pemanfaatan Pops A Dent bergantung pada ukuran dan wilayah kerusakan mobil. Alat ini hanya mampu digunakan terhadap mobil yang miliki cat bodi mobil asli berasal dari pabriknya. Kalau digunakan pada mobil yang warnanya sudah terkelupas, perihal itu sanggup menyebabkan cat yang mengelupas makin lama banyak.

6. Gunakan metode Paint-less Dent Removal (PDR)

Apabila cara-cara di atas belum berhasil, cobalah bawa mobil ke bengkel yang punya metode Paint-less Dent Removal (PDR). Metode selanjutnya mampu digunakan untuk memperbaiki penyok tanpa sistem pengecatan. Sehingga, cat mobil masih dalam keadaan original.

Untuk penyok seukuran koin, sistem pengerjaan memanfaatkan metode PDR hanya 15 menit. Pengerjaan paling lama kira-kira satu jam, supaya mobil yang diperbaiki tidak mesti menginap.

7. Bawa ke tempat ketok magic

Selain melakukan perbaikan mobil di bengkel resmi, OtoFriends mampu mencoba ke bengkel ketok magic. Sebab, pengerjaan di bengkel ketok magic mampu lebih cepat sebab antrian pengerjaan tidak panjang. Selain tawarkan harga yang terjangkau, cost perbaikan per panel berkisar pada Rp300 ribu hingga Rp550 ribuan. Hal itu tergantung pada tingkat kerusakannya. Harga ketok magic selanjutnya telah juga pengecatan terhadap bodi mobil yang rusak.

Kelebihan lainnya, pengerjaan di bengkel ketok magic termasuk lebih fleksibel. Sebab, pelanggan sanggup minta mengganti parts yang baru ataupun bekas. Pengerjaan di bengkel ketok magic termasuk irit waktu. Sebab, pengerjaan dilakukan oleh banyak tukang didalam satu waktu. Sementara, pengerjaan di bengkel formal lebih lama, bisa lebih dari satu minggu.

8. Lakukan body repair di bengkel atau Service Center resmi

Apabila mobil masih dalam era garansi, OtoFriends bisa memilih bengkel formal yang udah terjamin kualitasnya. Bengkel body repair formal umumnya memanfaatkan brand cat yang lebih memiliki kualitas layaknya Sikkens, Spies Hecker, dan Stansdoken. Sementara, bengkel non resmi biasanya pakai cat duco (DuPont Corporation). Pengerjaan body repair umumnya memakan waktu lebih kurang 1-2 hari, tergantung tingkat rusaknya mobil.

Namun, jangan terlampau terpaku terhadap harga tidak mahal untuk cost mobil penyok, ya. Hal itu bisa berdampak segera pada body atau cat mobil yang tidak rapi. Pilihlah bengkel mobil yang terpercaya. OtoFriends bisa mencari bengkel terbaik lewat aplikasi Otoklox.